Senin, 16 April 2012

H. Akbar
Ketua Yayasan Arrafiiyah

Menyesali suatu keputusan yang salah lalu menjadikannya sebagai pelajaran memang suatu tindakan yang baik. Namun, akan lebih baik bila Anda bisa menentukan melakukan tindakan yang lebih tepat terlebih dahulu agar terhindar dari penyesalan. Berikut ini, ada 8 pelajaran hidup yang dilansir oleh LifeHack untuk membantu Anda terhindar dari keputusan hidup yang salah.
1. Kurangi pengeluaran mulai saat ini. Mungkin saat ini Anda merasa belum memiliki masalah keuangan berat yang memaksa Anda mengurangi pengeluaran. Meski belum begitu penting, ada baiknya Anda belajar mengurangi pengeluaran secara perlahan dan bertahap. Dengan kata lain, seberapa besar pun pemasukan Anda, tetaplah melakukan penghematan setiap bulan. Ajarkan keluarga Anda untuk selalu menghemat keuangan meski dalam kondisi berkecukupan.
2. Biasakan berkomunikasi dan membantu orang lain. Sebelum Anda benar-benar terjepit dan sangat memerlukan bantuan orang lain, pastikan Anda membiasakan diri Anda berkomunikasi dengan orang-orang yang Anda kenal. Selain itu, biasakan untuk menawarkan bantuan sebelum mereka menyampaikannya pada Anda. Dengan demikian, orang lain pun akan berbondong-bondong membantu Anda dikala Anda membutuhkannya.
3. Pelajari profesi lain. Anda tentu sering melihat di TV betapa banyak orang yang dipecat dari perusahaan mereka. Anda juga tentu pernah mendengar banyak pengusaha yang bangkrut karena persaingan. Sebelum kejadian ini menimpa kehidupan Anda, pelajarilah profesi-profesi lain dari sekarang. Selain untuk menambah sumber pemasukan, cara ini juga sangat ampuh untuk menyelamatkan keuangan Anda saat profesi utama Anda diserang badai.
4. Asah keahlian menjual Anda (Selling Skill). Setiap orang adalah penjual (sales person). Anda salah besar bila Anda menilai sales person hanyalah orang yang berjualan dari rumah ke rumah. Anda tidak perlu berpikir panjang, sebaiknya Anda kuasai keahlian menjual. Anda bisa pelajari dari buku atau dari internet.
5. Tambah ilmu dan keterampilan. Apapun keahlian yang Anda miliki saat ini, pasti berasal dari proses belajar. Betul ‘kan? Anda bisa bayangkan bila beberapa bulan lagi Anda punya 2 atau 3 keahlian baru. Coba bayangkan apa manfaatnya? Gunakan media internet dan buku-buku untuk mencari dan mempelajari keterampilan baru. Yang penting, pilih keterampilan yang sesuai dengan minat Anda, bukan sekedar mengikuti tren.
6. Rutin berolahraga. Jangan menunggu usia tua untuk berolahraga. Belajarlah dari orang-orang yang sudah tua dan sakit-sakitan. Mereka mengakui bahwa mereka malas berolahraga ketika muda. Bila Anda ingin tetap sehat dan awet muda, berolahragalah secara rutin dari sekarang.
7. Beribadah sebelum punya masalah! Apa perasaan Anda ketika seseorang hanya berbicara pada Anda saat ia punya masalah? Anda tentunya akan merasa muak dan kesal. Sebelum Tuhan kesal pada Anda, latihlah diri Anda untuk disiplin dalam beribadah. Beribadahlah pada Tuhan di saat susah maupun senang.
8. Jadilah orang yang rendah hati! Sebaik dan senikmat apapun hidup Anda sekarang, tetaplah menjadi orang yang rendah hati. Anda tidak perlu meremehkan orang lain bila ingin dihargai. Justru Anda harus semakin menghargai orang lain agar Anda semakin dihargai. Intinya, TINGGIKAN KUALITAS DIRI, TERBANGKAN PRESTASI, dan TETAPLAH RENDAH HATI!

Selengkapnya: http://www.sayamautau.com/2012/04/8-pelajaran-penting-dalam-hidup.html#ixzz1sAc9tKrG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar